Pengaruh Phobia Pada Tumbuh Kembang Anak



Favticle - sebelumnya sudah ngeshare bagaimana Phobia pada si kecil itu tumbuh bisa didasari dari lingkungannya, terutama orang tua. Dan perlu diperhatikan juga akan dampak dari phobia tersebut.

Phobia merupakan sifat / perilaku Ketakutan luar biasa akan suatu benda atau peristiwa. Phobia bisa menyerang siapa saja. pada orang dewasa disinyalir telah dipicu sejak kecil. 

Jeli melihat kemungkinan tersebut pada anak akan membantu proses tumbuh kembang anak kelak.
Bagaimana cara mensinyalir kemungkinan tersebut ? Biasanya anak akan bereaksi berlebihan ketika melihat sesuatu atau dalam kondisi yang menjadi sumber rasa takutnya. 

Tak jarang juga membuat anak menangis menjerit dan lari ketakukan menjauhkan diri dari obyek tersebut.

Ada beragam jenis phobia yang biasa menyerang anak, seperti takut pada kondisi ramai, berada di dalam ruangan sempit, atau takut pada laba – laba. Ironisnya, benda yang dianggap identik dengan dunia anak dan menjadi bentuk hiburan untuk si kecil juga bisa menjadi sumber pemicu rasa takut yang berlebihan. Takut terhadap badut atau balon, misalnya, yang relatif jamak ditemui.

Phobia biasa dipicu oleh pengalaman tidak mengenakkan yang pernah dialami si kecil. Seiring kemampuan kognitifnya yang masih dalam tahap perkembangan, anak – anak umumnya belum dapat membedakan realitas dan khayalan. 

Agar tak kian berlarut hingga dewasa, orangtua patut mengatasinya dengan membantu si kecil menghadapi rasa takutnya, alih – alih memarahi.

Mulailah dengan memberi pemahaman sesuai dengan nalar anak untuk menjelaskan suatu obyek atau kondisi yang ditakutinya. Jika takut terhadap badut, beri penjelasan bahwa di balik topeng tersebut sesungguhnya ada manusia biasa.

Ketakutan balon karena takut meletus, bisa disiasati dengan memberi tahu cara bermain balon yang aman. Beri pula pemahaman bahwa merasa amat kaget jika mendengar suara balon meletus merupakan hal yang wajar, yang tak perlu untuk ditakuti atau dihindari.

Akan tetapi, bila fobia ini dirasa semakin menjadi dan sulit diatasi oleh orangtua maupun bantuan guru, tak ada salahnya meminta bantuan dengan berkonsultasi ke psikolog

Jeli terhadap berbagai proses tumbuh kembang anak, baik sisi positif maupun negatif, merupakan salah satu upaya mengantarkan anak dalam proses pendewasaan yang berkualitas.

Source Image : Image
Previous
Next Post »
Thanks for your comment