Dapur Nyaman, Hati Riang

Dapur Nyaman, Hati Riang


Bagian rumah yang tak kalah penting adalah dapur. Selain tempat memasak, dapur bisa menjadi tempat bersantai keluarga sambil bercakap – cakap. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda menata dapur senyaman mungkin.

Jangan terpaku dengan luas dapur yang kecil. Yang terpenting, Anda meletakkan semua peralatan dapur dengan rapi sehingga memungkinkan terciptanya ruang – ruang baru. Selain itu, setidaknya dapur Anda tampak rapi dan enak dipandang mata.

Agar rapi, yang dapat Anda lakukan adalah memisahkan peralatan dan bumbu dapur. Letakkan peralatan dapur yang sering dipakai di tempat yang mudah dijangkau. Untuk rak tempat bumbu dapur, Anda pisahkan sesuai kebutuhan. Letakkan yang paling sering digunakan di salah satu rak yang mudah dijangkau.

Penting untuk meletakkan bumbu – bumbu  dapur di tempat yang bersih dan terkunci rapat sehingga awet dan baunya tak menyebar ke seluruh lemari penyimpanan. 

Jika Anda ingin dapur memiliki kesan berwarna, Anda dapat memilih tempat bumbu seperti garam dan lada dengan berbagai bentuk.

Jika dapur Anda tidak memiliki banyak ruang, gunakanlah keranjang atau boks plastik untuk menyimpan barang atau bumbu. Hasilnya, Anda akan memiliki ruangan lebih luas untuk menatanya.
Kemudian, buatlah dapur terang. 

Usahakan dapur juga memiliki akses ke sinar matahari serta berikan juga pencahayaan artifisal. Ruang dapur yang gelap akan lebih lembab. Terlebih lagi jika dapur sama sekali tidak mempunya akses ke sinar matahari alami.

Pastikan juga permukaan meja dapur (countertop) juga tidak gelap. Anda dapat memberikan lampu pada bagian bawah lemari dapur. Cara ini bisa membuat kegiatan masak – memasak jadi lebih mudah.

Lalu, gunakanlah furnitur multiguna seperti menempatkan meja kecil di dapur. Hal ini merupakan ide yang baik untuk dapur berukuran mungil

Gunakanlah meja sebagai island atau permukaan tambahan memasak dan menyantap makanan. Meja ini tentu akan lebih fungsional dan hemat tempat.

Sesuaikan juga peralatan masak yang Anda gunakan. Jika dapur tidak terlalu besar, Anda tak perlu membeli wajan atau panci besar juga. 

Kalau memang butuh, Anda bisa menyimpan peralatan tersebut di tempat lain yang kiranya lebih luas. 

Anda bisa membuat dinding tambahan pada sisa halaman belakang rumah untuk menggantung peralatan tersebut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment