Ketika Mesin Mengalami “Overheat”

Ketika Mesin Mengalami “Overheat”


Air radiator yang berkurang karena ada kebocoran, kotoran yang menyumbat, atau lalai memeriksa jumlah air di komponen tersebut menjadi contoh penyebab yang sering memicu overheat. Selain itu, kejadian tersebut bisa saja terjadi karena kondisi water pump yang sudah tidak layak pakai atau motor kipas yang sudah mati.

Penyebab kerusakan motor kipas juga bermacam – macam, seperti thermo – switch (komponen yang memberi sinyal bahwa mesin sudah mencapai suhu tertentu) sudah tertanggu, soket yang tidak tersambung dengan baik, kabel yang rusak, atau memang kondisi kipasnya yang sudah rusak.

Apa pun penyebabnya, overheat merupakan gangguan yang tidak bisa dianggap sepele. Kalau hal ini sampai terjadi, bawalah mobil ke tepi jalanan mobil agar tidak mengganggu arus lalu lintas dan tentunya lebih leluasa untuk melakukan pemeriksaan pada mobil.

Sebaiknya Anda tidak berusaha untuk menurunkan suhu mesin secara mendadak seperti dengan menyiramnya. Hal ini karena penurunan suhu mesin secara drastis dari kondisi overheat bisa berakibat fatal pada komponen – komponen tertentu.

Jangan pula Anda tergesa – gesa membuka tutup radiator karena sangat berbahaya. Patut diingat sistem pendinginan air radiator adalah sistem tertutup sehingga ketika terjadi overheat biasanya suhu air di dalam sudah sangat tinggi.

Selain itu, dalam keadaan tersebut, tekanan di dalam sistem cukup tinggi. Oleh karena itu, jika memaksa membuka tutup radiator dalam keadaan overheat, air akan menyembur keluar dan ini sangat berbahaya.

Ketika suhu mesin sudah turun, saat itu menjadi waktu yang tepat untuk membuka radiator dengan hati – hati dan mengisinya dengan air. Periksa juga level air yang ada di botol overflaw, kalau airnya berkurang segera tambah. Selain itu, pastikanlah Anda menggunakan air yang bersih agar tidak mengotori sistem pendingin.

Ada baiknya Anda memeriksa tutup radiator. Kalau karet pada tutup itu sudah getas atau terlihat ada retakan, sebaiknya segera Anda ganti. Selain itu, jika terpaksa, Anda bisa menggunakan plastik agar air yang ada di dalam overflaw tidak keluar.

Overheat tentu tidak datang dengan sendirinya, tetapi ada penyebab. Coba amati apakah ada kebocoran dalam sistem air pendingin atau penyebab lain seperti tali kipas yang putus. Kalau belum menemukan, segera Anda bawa ke bengkel dan jalankan mobil dalam kecepatan rendah. Hindarilah kemacetan dan matikan AC agar tidak membebani mesin.


By : Kompas Klasika
Img : http://joss.today/img/gambar1/Overheat.jpg
Previous
Next Post »
Thanks for your comment