Cerdas Berbelanja di Pasar Swalayan


Cerdas Berbelanja di Pasar Swalayan

Berbelanja di pasar swalayan sudah menjadi kebiasaan masyarakat di kota – kota besar dalam dua dekade terakhir. Situs web Evolution Impressions menjabarkan ada lima tipe pembelanja pasar swalayan, yaitu traditionalists, strivers, anti-shoppers, stressors dan casual spenders.

Tipe pembelanja traditionalists adalah tipe yang paling banyak dijumpai. Tipe ini mengambil porsi 32 persen dari total tipe pembelanja. Traditionalists bisa menghabiskan waktu hingga 140 menit di pasar swalayan setiap minggu. Biasanya mereka mendorong kereta belanja sambil membawa daftar belanja yang mayoritas merupakan kebutuhan rumah tangga.

Tipe kedua adalah strivers (23 Persen). Orang ini memilki jadwal padat dan waktu terbatas, tetapi terorganisasi. Anti-Shoppers (21 Persen) adalah tipe orang yang tidak menikmati proses belanja, terlebih harus berkeliling pasar swalayan.

Sementara itu, tipe lainnya adalah stressor (16 Persen) adalah jenis pembelanja yang tidak terorganisasi. Terakhir adalah casual spenders (6 persen) yang merupakan pembelanja yang membeli barang secara impulsif dan tidak peduli dengan harga, apalagi sampai memperhatikan harga yang tertera di mesin kasir.

Karena berbelanja sudah menjadi kebiasaan rutin yang tidak mungkin dihindari, cobalah menjadi pembelanja yang cerdas. Hal ini niscaya bisa lebih menghemat uang sekaligus waktu Anda.
Pertama, siapkan daftar yang harus dibeli sebelum berbelanja. Cek lebih dulu lemari es, lemari penyimpan barang – barang kebutuhan rumah tangga, dan dapur, untuk mengetahui barang apa yang perlu dibeli. Anda pun dapat bertanya kepada keluarga atau asisten rumah tangga, barang atau bahan makanan yang sudah habis.

Kedua, sediakan anggaran pasti setiap kali berbelanja. Akan lebih aman jika Anda sudah menganggarkan uang belanja setiap bulan. Upayakan untuk berbelanja tidak melebihi anggaran.
Ketiga, jangan segan untuk sering melihat promosi diskon dari pasar swalayan yang biasanya ada di surat kabar, brosur, ataupun media luar ruang. Jika ada promo menarik untuk barang tertentu yang sedang dibutuhkan, segeralah mendatangi dan membelinya. Kemudian, jika tidak ada lagi promosi menarik, sisanya berbelanjalah di pasar swalayan langganan.

Keempat, atur strategi berbelanja. Jika sudah memilki budget, tak ada salahnya membeli semua kebutuhan rumah tangga dalam jumlah banyak sekaligus.

Kelima, ketika berniat pergi ke pasar swalayan, upayakan Anda dalam kondisi kenyang. Hal ini penting untuk menjaga stamina selama berkeliling menyusuri satu per satu lorong rak serta membantu Anda “Mengerem” rasa lapar, yang membuat Anda terdorong membeli banyak camilan tidak sehat. Selamat berbelanja !

Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment