Meningkatkan Literasi Cara Mendidik Anak Membuka Dunia



Favticle - Kemampuan literasi seseorang turut menentukan pembentukan karakternya. Penelitian terhadap pengaruh membaca terhadap kemampuan kognitif dan afektif manusia telah banyak dilakukan. Hasilnya, membaca berpengaruh positif terhadap kemampuan dasar manusia tersebut.

Mengajarkan anak membaca dan menulis pun perlu dilakukan sedari kecil, tetapi tetap dengan tahapan tepat agar anak menikmati setiap prosesnya. Media permainan edukatif adalah cara mendidik anak dengan permainan yang ideal memperkenalkan anak pada aksara.

Pengenalan huruf diawali dengan mengajak anak memahami bentuk, seperti kotak, persegi panjang, lingkaran, dan segitiga. Keempat pola ini merupakan bentuk – bentuk dasar yang bisa ditemui dalam huruf. Gunakan permainan yang memiliki bentuk – bentuk tersebut dengan warna – warni menarik. Ajak anak untuk mengikuti instruksi Anda untuk mempercepat mengenali bentuk. Misalnya, minta anak memasukkan benda persegi panjang ke dalam kotak yang sudah Anda sediakan.

Jika anak sudah memahami bentuk, akan lebih mudah baginya mengenali huruf. Tak perlu langsung memperkenalkan banyak huruf, awali saja dengan huruf vokal. Yakni huruf A, I, U, E, dan O. Banyak lagu anak yang khusus mendendangkan huruf – huruf vokal tersebut. Dengan bantuan lagu anak, sambil menunjuk huruf yang sedang dilantunkan, anak akan lebih cepat menguasainya.

Dari huruf vokal, beranjak menuju huruf – huruf lainnya. Permainan abjad ini juga memiliki banyak desain dengan kemasan menarik. Dalam hal ini anak bisa mulai diperkenalkan dengan kartu bergambar sembari mengembangkan perbendaharaan kata. Contoh, huruf A untuk apel dan huruf B untuk bebek.

Sembari berkenalan dengan huruf, umumnya anak juga sudah tertarik mencorat – coret kertas dengan alat tulis. Tak masalah jika anak belum memegang alat tulis dengan benar karena hal ini pun berjalan bertahap bertahap.

Cara mendidik anak selanjutnya dalam meningkatkan literasi adalah terus mengasah kemampuan anak membaca dan menulis. Rutin melatihnya minimal 30 – 60 menit sehari akan mempercepat kemampuan si kecil. Semakin terbuka dunia literasi si kecil, semakin besar pula kesempatannya membuka ilmu pengetahuan dunia luas.

Source Image : Image
Previous
Next Post »
Thanks for your comment