Atasi Stres Naikkan Level

Atasi Stres Naikkan Level

Orang hidup tentunya memiliki berbagai masalah. Terkadang masalah – masalah tersebut sulit sekali dihindari dan seakan tak ada solusinya. Stres merupakan puncak dari berbagai tekanan masalah – masalah tersebut.

Stres adalah keadaan jiwa yang paling populer di abad ini. Berdasarkan penelitian, lebih dari 40 juta orang di Eropa atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengalami stres di tempat kerja. Selain di tempat kerja, di kehidupan secara umum, kita pun dapat mengalami stres dengan beberapa alasan.

Beberapa penyebab Stres diantaranya : 
  • Internal,
  • Ketidakmampuan menerima ketidakpastian,
  • Sikap pesimistis,
  • Self talk (cara berbicara pada diri) yang negatif,
  • Ekspektasi yang tidak realistis,
  • Perfeksionis,
  • Tidak adanya ketegasan,
  • Eksternal,
  • Perubahan hidup yang besar,
  • Pekerjaan,
  • Relasi yang tidak bagus,
  • Masalah finansial,
  • Terlalu sibuk,
  • Masalah anak dan keluarga.
Stres sendiri bukanlah suatu penyakit. Tapi jika tidak diatasi dalam waktu tertentu, akan menimbulkan banyak masalah kesehatan. Seperti depresi, gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan.

Stres adalah efek yang dirasakan setiap kali seseorang menghadapi sesuatu yang lebih besar. Mengatasi stres artinya berhasi menyesuaikan diri, mengembangkan dan menaikkan level pemikiran, kebijaksanaan, sehingga tidak merasakan itu sebagai stres lagi. Ketika stres muncul, berarti seseorang dipanggil untuk mengatasinya, bukan lari dari stres. Mengatasi stres dan menghadapinya adalah pilihan paling bijak.

Sebetulnya mengendalikan stres tidak sesulit seperti yang dipikirkan, ini hanya masalah bagaimana kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Apakah Anda yang mengontrol stres atau stres yang mengontrol Anda. Beberapa langkah sederhana agar kita mampu menghadapi stres, diantaranya:
Jangan menunda pekerjaan sehingga semakin menumpuk. Jika kita tidak menunda – nunda pekerjaan yang dapat dikerjakan lebih dulu, tentu tidak ada kata pekerjaan menumpuk. Sehingga stres kemungkinan besar tidak menimpa kita.

Beranikan berkata tidak terhadap sebuah pekerjaan baru yang dibebankan kepada Anda yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan sekarang. Ini akan membuat pikiran menjadi tidak fokus, sehingga pikiran tidak terbelah dua yang bisa menyebabkan stres.

Lakukan aktivitas yang menyehatkan, seperti berolahraga dengan berjalan kaki atau berlari – lari santai. Aktivitas tersebut mampu membuat Anda lebih rileks, dapat juga menurunkan tekanan darah, serta menghasilkan hormon endorfin yang dapat menghilangkan stres.

Belajar menerima diri sendiri dan segala kondisi yang sedang kita alami, baik itu terkait dengan segala nikmat dan segala cobaan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.Dan belajarlah mengenali diri dan memahami siapa kita sebenarnya, buat apa kita hidup di dunia ini dan apa tujuan hidup Anda.

Positive thingking atau selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menimpa kita, serta berusaha memetik semua pelajarannya. Sehingga kedepannya, kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi daripada yang sebelumnya.

Menghibur diri sendiri merupakan salah satu tips efektif untuk menghilangkan stres tersebut. Luangkan waktu untuk melakukan hal – hal yang Anda sukai, seperti bermain games, mendengarkan musik, menonton film, atau kegiatan lain yang dapat menghibur Anda.

Berusaha fokus terhadap pekerjaan yang ada dihadapan Anda. Melakukan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan dapat juga menimbulkan stres. Karena itu, selesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu, baru kemudian mengerjakan pekerjaan lainnya.

Source : http://m.inilah.com
Img : http://m.c.lnkd.licdn.com/mpr/mpr/p/6/005/06d/266/0595fd2.jpg
Previous
Next Post »
Thanks for your comment